Senin , 2 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Penyelenggaraan Sosialisasi Pengangkatan Perangkat Desa Duku Ilir

Penyelenggaraan Sosialisasi Pengangkatan Perangkat Desa Duku Ilir

 Kades Duku Ilir Adam Khalik saat menyempaikan materi pertama.

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Pemerintah Desa  Duku Ilir Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong menyelenggarakan sosialisasi dan pembentukkan panitia penjaringan perangkat desa, bertempat di Balai Desa Duku Ilir, Selasa (09/03).

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua BPD, LPMD, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat serta Lembaga lain yang ada di Desa Duku Ilir.

Materi pada sosialisasi pertama disampaikan oleh Kepala Desa Duku Ilir Adam Khalik yang menjelaskan, Dasar Hukum pengangkatan Perangkat Desa Duku Ilir Tahun 2017, salah satunya adalah Peraturan Bupati Rejang Lebong Nomor 42 Tahun 2017 Perubahan ketiga atas petunjuk pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 2 tahun 2015  tentang tata cara pengangkatan  dan pemberhentian perangkat desa.

 Ketua BPD Duku Ilir Zul Andri saat menyampaiakan materi sosialisasi kedua.

Kepala Desa juga  mengatakan teknis dan syarat perangkat secara garis besar. Adapun tahapan yang dilakukan adalah tahapan seleksi Administrasi, tes Kesehatan, tes wawancara, Praktek dan yang terakhir adalah ujian tes tertulis.

Untuk lebih jelas panitia yang akan dibentuk nantinya membuat edaran atau pengumuman terkait syarat dan tahapan pengangkatan perangkat desa Duku Ilir tahun 2017. Bahwa tahapan pencalonan perangkat desa ini dilakukan dengan sistem gugur, yaitu apabila satu tahapan dinyatakan LULUS. peserta berhak lanjut ketahapan selanjutnya, dan apabila dinyatakan TIDAK LULUS maka peserta tidak bisa melanjutkan ketahapan selanjutnya.

Salah satu tokoh masyarakat yang mengajukan pertanyaan ke pemateri.

Pada akhir penyampaiannya Kepala Desa Duku Ilir mengajak masyarakat untuk mendukung panitia dan bersama mensukseskan pengangkatan perangkat desa, “masyarakat tidak perlu saling curiga mencurigai, Pemerintah Desa tidak akan mengintervensi, semua diserahkan kepada panitia,” tegas Kepala Desa.

Materi berikutnya disampaikan oleh ketua BPD desa Duku Ilir Zul Andri, yang menjelaskan desa Duku Ilir akan mengisi kekosongan perangkat, yaitu Kadus 1 dan Kasi Kesejahteraan.

Masyarakat desa yang mengikuti kegiatan sosisalisasi.

Beliau mengajak kepada seluruh putra terbaik desa Duku Ilir, yang memenuhi syarat untuk mendaftar. “Tokoh masyarakat diharapkan ikut menginformasikan atau mensosialisasikan kegiatan kepada anggota masyarakat di wilayahnya,” tutur Zul Andri.

Zulandri berharap warga masyarakat untuk tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif saat penjaringan Perangkat nanti, serta panitia yang nanti terbentuk untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya dalam sesi pembentukan panitia pengangkatan perangkat desa, peserta sepakat secara demokratis melalui pemilihan langsung peserta rapat memilih 3 kandidat calon ketua yang diajukan, hasil pemilihan panitia sebagai berikut :

Ketua          : PANDI  (unsur tokoh masyarakat)

Sekretaris : Pali Hengki (unsur tokoh masyarakat)

Yang di bantu oleh seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) Duku Ilir. (R.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Pemerintah Desa Air Lakok Laksanakan Titik Nol Pembangunan Sumur Bor

  Bengkulu Utara, sinarnusantaranews.com – Melalui Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2021, Pemerintahan Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *