Home / Breaking News / Program Aplikasi ‘Slawe’ Dukcapil kota Bengkulu Serta Cara Penggunaannya

Program Aplikasi ‘Slawe’ Dukcapil kota Bengkulu Serta Cara Penggunaannya

Kota Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu menghadirkan pelayanan dengan Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (SLAWE) dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Kadis Dukcapil kota Bengkulu Widodo menjelaskan bahwa, Aplikasi ‘Slawe’ ini bermula dari pandemi Covid-19. Pada intinya bagaimana masyarakat itu tidak berkerumun tetapi mereka dapat terlayani terkait dengan administrasinya.

“Jika selama ini, misalnya masyarakat itu datang ke capil sampai 3 kali, dengan aplikasi Slawe ini diharapkan cukup sekali atau tidak datang sama sekali “, Ungkapnya ketika berbincang di ruang kerjanya, Rabu (12/1/2022).

Lebih lanjut, Widodo menjelaskan Didalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi, tidak semua orang mempunyai Android, akan tetapi tapi jangan lupa hadirnya pojok-pojok dukcapil dimasing-masing kelurahan, akan tetapi untuk KIA dan KTP tidak bisa dicetak di Kelurahan ataupun di kecamatan.

Lantas bagaimana tatacara permohonan pada sistem layanan online ‘Slawe’ Dukcapil kota Bengkulu? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Cara menerapkannya sangatlah mudah, caranya adalah dengan mengunjungi situs Web https://slawe.bengkulukota.go.id/
tanpa harus login terlebih dahulu. Setelah membuka Web tadi silahkan pilih menu sesuai pelayanan yang ingin diurus secara online.

Selanjutnya :

1. Pilih layanan yang diinginkan.

2. Klik ikon permohonan butuhkan.

3. Silakan isi data sesuai dengan formulir permohonan tampil.

4. Pastikan gambar dokumen yang diminta dapat terbaca dengan jelas.

5. Klik tombol kirim setelah data yang di inputkan sudah benar.

6. Kemudian, akan muncul nomor resi permohonan setelah permohonan tersebut diterima oleh sistem, dan silahkan simpan nomor resi permohonan tersebut untuk melacak proses permohonan tersebut.

7. Apabila permohonan sudah muncul “Dokumen anda sudah dapat diambil di kantor dukcapil kota Bengkulu”.

8. Maka segera datang ke kantor dukcapil kota Bengkulu untuk mengambil dokumen permohonan anda dengan membawa dokumen yang di saratkan / diupdload pada formulir.

Berikut adalah Menu-menu utama di program aplikasi ‘Slawe’ yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Sinkronisasi Data Online, Suket Perekaman, Kutipan Akte Kelahiran, Kutipan Akte Kematian, Kartu Keluarga dan Surat Pindah. Silahkan kunjungi situs Web https://slawe.bengkulukota.go.id/. (C.P/ADV)

About adminSNN

Check Also

Antisipasi dan Evaluasi Serta Cegah Kenaikan Harga Pangan di Bengkulu Besama Senator

Bengkulu, Sinarnusantaranews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis naiknya harga-harga sejumlah komoditas seperti BBM, beras, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *