Sabtu , 30 Mei 2020
Breaking News
Slider

Home / Bengkulu / Pungli Berkedok Sumbangan Suka Rela

Pungli Berkedok Sumbangan Suka Rela

MUKOMUKO, SNN – Diduga pungli berkedok sumbangan suka rela, yang terjadi di Sekolah Menengah  Atas (SMA) 03 Mukomuko, Jum’at (22/11).

Saat dikonfirmasi melalui Kepala Sekolah (Kepsek) oleh wartawan SNN. Kepsek mengaku tidak mengetahui Rencana Anggaran Biaya (RAB) tentang pembangunan Mushola Al-Qolam tersebut.

Kepala Sekolah SMA 03 Nur Hakim S.Pd menyatakan “saya tidak mengetahui RAB pembangunan Mushola,” Tegas Kepsek kepada wartawan SNN.

Sangat tidak logis jika itu pekerjaan pihak Komite. Ada keganjalan dari pernyataan pihak sekolah tersebut. Hal lain yang ditemui wartawan dilapangan yakni mengenai isi surat yang menyatakan jumlah biaya sumbangan.

Berdasarkan surat edaran yang diterima wali murid timbullah pertanyaan apakah seperti itu yang dikatakan sumbangan suka rela ? sedangkan isi surat tersebut  biaya yang harus dibayar wali murid tertera dengan jelas.

Bukankah setiap Sekolah Negeri yang menerima Dana Bos tidak diperbolehkan memungut biaya dalam bentuk apapun, karena Pemerintah Pusat  sudah cukup besar meluncurkan dana untuk pembangunan sekolah.

Hal ini telah diatur oleh Undang-Undang No 20 Tahun 2003 mengenai sistem Pendidikan Nasional dan Pemenbud No 44 Tahun 2012 dilarang melakukan pungutan liar atau pungutan pembangunan yang diatur dalam pasal 423 KUH pidana maksimal penjara 6 tahun.

Apalagi program tersebut  pihak sekolah merencanakannya dan disampaikan oleh komite, terkecuali pembangunan hanya meneruskan pembangunan yang belum selesai itu baru diperbolehkan dan di atur oleh Undang-Undang. Serta pembangunan dari awal itu jelas  melanggar Undang-Undang yang ada dan tidak diperbolehkan.

Dengan adanya pemberitaan di SNN ini, pihak-pihak yang berwajib dan berwewenang menangani permasalahan tersebut agar ditindak tegas terkait Sekolah Negeri yang melanggar aturan.

 

Pewarta : Victor Fernando, SH

Editor : Cyntia Pramesti S.A.P

 

 

About adminSNN

Check Also

Rozi : LSM Kena OTT Tidak Terdaftar di Aliansi

BENGKULU UTARA, SNN – Ketua Aliansi LSM Bengkulu Utara, Rozi HR memastikan oknum anggota LSM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *