Rabu , 4 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Benteng / Rapat Perdana BKAD dalam Kemandirian Desa di Kecamatan Pagar Jati

Rapat Perdana BKAD dalam Kemandirian Desa di Kecamatan Pagar Jati


BENGKULU TENGAH, sinarnusantaranews.com – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pagar Jati hari ini Kamis (26/11) menggelar kegiatan musyawarah rapat perdana pengurus BKAD kecamatan Pagar Jati penambahan struktur organisasi BKAD, dengan hasil musyawarah terdapat 6 bidang struktur terbaru pada BKAD Kecamatan Pagar Jati.

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di bentuk dengan adanya kerjasama antar desa dalam hal mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di desa Kecamatan Pagar Jati.

BKAD ini bisa dibentuk oleh dua desa atau lebih untuk memudahkan pengelolaannya, BKAD bisa diakui legalitasnya dengan dibentuknya peraturan bersama Kepala Desa.

Adapun Kepala Desa yang dimaksud yaitu semua kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain merupakan salah satu bentuk daerah yang khas di Indonesia, desa mempunyai latar belakang historis dan filosofis yang jelas dan kuat. Dalam Undang-Undang No 6 tahun 2014  tentang desa (UU DESA).

Dalam pembahasan pembentukan struktur pengurus BKAD, mulai dari ketua, sekertaris, bendahara, serta pengurus dalam 6 bidang untuk kemajuan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Pada sambutannya Ketua BKAD Kecamatan Pagar Jati Siamuri menyampaikan, “sebelumnnya kita baru memiliki 3 pokok penting pada organisasi ini seperti ketua, sekretaris dan bendahara, berdasarkan aturannya kita harus melengkapinya struktur BKAD di Kecamatan Pagar Jati, kami meminta support dan arahan dari semuanya, semoga BKAD ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” sampai Ketua BKAD.

Sebagai lembaga atau organisasi BKAD telah melengkapi semua legalitas, seperti papan merk, cap dan kelengkapan administrasi lainnya. Sesuai dengan Permendagri Nomor 96 tahun 2017 dan berdasarkan Permendes No 13 Peraturan Menteri Desa tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021.

Seiring dengan pernyataan yang disampaikan oleh ketua BKAD, Camat Pagar Jati Edi Junaidi, MM juga mengatakan, ”sebelumnya telah dilakukan pembentukan anggota inti, dan hari ini kita akan menyusun atau melengkapi bidang 6 bidang lainnya sesuai arahan dari TA Kabupaten,” ujar Camat.

Camat berharap kegiatan agar kegiatan hari dilakukan sesuai dengan prosedur dan dapat berjalan dengan lancar.

Pada saat pembentukan BAKD kecamatan Pagar Jati yang diundang adalah Kades dan perangkat Desa, BPD, perwakilan perempuan, dan tokoh masyarakat di setiap desa. Hadir juga PDTI,  TA,  PLD,  DINAS PMD, dan inspektorat, hari ini merupakan rapat perdana pengurus BAKD Kecamatan Pagar Jati kegiatannya melengkapi struktur dan kelengkapan administrasi BAKD lain nya yang dihadiri unsur yang dimaksud di atas termasuk PLD dan Camat. (MHR/FEB)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Akhirnya Camat Pino Raya Berikan Sanksi Tegas Kepada Perangkat Desa Pagar Gading

  Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Dugaan pelanggaran Perbup No 16 tahun 2018 tentang jam kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *