Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Tiga Bulan Terakhir OPD Berpuasa

Tiga Bulan Terakhir OPD Berpuasa

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Akibat wabah covid-19 yang masih melanda, mengakibatkan empat bulan terakhir (4 bulan kedepan, red). Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang harus berpuasa karena dilakukan pemotongan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Empat Lawang saat acara rapat paripurna dalam rangka mendengarkan laporan banggar dan penandatanganan nota kesepakatan di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Empat Lawang, Senin (06/09).

Akibat pendemi Covid 19 anggaran kita tidak normal, hampir seluruh OPD mohon maaf mohon izin empat bulan terakhir berpuasa, kecuali belanja atensi, listrik, air dan gaji TKS hampir semuanya di nol- kan,” kata Joncik Muhammad Bupati Empat Lawang.

Lanjutnya, “ini situasi yang sulit bagi dirinya, akan tetapi tidak bisa tidak, kalau tidak berani melakukan sebuah kebijakan besar seperti ini, maka tiga bulan terakhir ASN tidak akan bergaji.” Karena menurut Joncik, alokasi gaji seharusnya ada akris, selisih yang biasanya jalan lain itu, menjadi sumber pembahasan di APBD perubahan.

Tapi APBD kita mengalami recofushing, salah satu syarat yang diminta pemerintah pusat waktu itu diberi jalan keluar, dengan cara memindahkan uang gaji itu ke recofushing penanganan covid-19 , dengan asumsi di APBD perubahan bisa dikembali menjadi gaji kembali, ternyata perintah dari pemerintahan pusat dalam hal ini menteri keuangan bahwa uang yang sudah di recofushing tidak bisa diganggu gugat,” jelasnya.

Maka dari itu, terang Joncik, akibatnya tiga bulan persediaan gaji ASN itu sudah dialokasikan ke penanganan covid-19, “kosong inilah yang menyebabkan saya harus berani melakukan sebuah kebijakan dalam rangka pemotongan diberbagai tempat termasuk di sekretariat daerah dan dprd tidak hanya OPD kita dan saya tetap, mungkin pencairan GU, TU, AS langsung saya ambil komandonya dari pak Daud, masukan ke meja saya dan saya akan lihat satu persatu jangan sampai kalau swakelola maka dampaknya bukan hanya tahun ini tetapi tahun depan dan tahun berikutnya,” tandasnya. (TMZ)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *