Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas Kader Kesehatan Desa, Pemdes Tunggang Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas Kader Kesehatan Desa, Pemdes Tunggang Gelar Pelatihan

Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas Kader kesehatan desa, Pemerintah Desa Tunggang (Pemdes), yang menggelar pelatihan bagi Kader kesehatan desa untuk mengupayakan peningkatan dan perbaikan pelayan terhadap masyarakat desa, Senin (23/08).

Materi pelatihan kali ini disampaikan langsung oleh Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA PSD) Kabupaten Lebong, Nazarudin, S.Pd, yang memaparkan tentang pelayanan penanganan konvergensi pencegahan stunting dan Pendamping Desa Kecamatan Lebong Utara, Eka Hastuti, SE, dengan materi penyusunan laporan form score card.

TA PSD Nazarudin TA PSD dalam penjelasannya mengatakan bahwa pelayanan penangan konvergensi pencegahan stunting merupakan kebijakan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT) terkait pelaksanaan tugas dalam Stranas percepatan pencegahan stunting yang dituangkan dalam Peraturan Mentri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, mengacu pada capaian pendataan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

Sebelumnya Camat Kecamatan Lebong Utara, Sumitro, S.Sos dalam sambutannya saat membuka secara resmi acara pelatihan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Pemdes Tunggang yang telah menganggarkan kegiatan peningkatan SDM ini. Memang sudah selayaknya rencana pembangunan yang dilaksanakan harus berimbang, selain program pembangunan fisik berupa infrastruktur desa, juga pembangunan sumber daya manusianya juga harus ditingkatkan.

Pemerintah Kecamatan berharap dengan dilaksanakan pelatihan-pelatihan semacam ini, nantinya dapat menciptakan kader-kader yang handal dan profesional dalam pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Disisi lain Kepala Desa Tunggang Lotriana, menuturkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kader kesehatan desa. Selain pelatihan Kader kesehatan desa ini, juga ada beberapa pelatihan lain yang dilaksanakan oleh Pemdes Tunggang guna peningkatan kapasitas SDM ini, seperti pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pelatihan untuk perangkat desa.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM ini merupakan program kerja desa yang akomodir dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang bertujuan agar para perangkat dan Kader lebih profesional dalam melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk pelatihan Kader kesehatan ini dilaksanakan sehari penuh, untuk itu Kepala Desa menghimbau agar peserta pelatihan dapat bersungguh-sungguh dan mengikuti pelatihan ini hingga akhir,” pungkas Kades. (YNS)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *