Selasa , 12 November 2019
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / unggulan / Tips Hidup Sehat, Jaga Terus Kesehatan Tubuh Anda

Tips Hidup Sehat, Jaga Terus Kesehatan Tubuh Anda

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan, dan persalinan.

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Maka dari itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Agar tubuh dan pikiran terasa lebih baik Anda tidak harus ikut kelas olahraga senam, yoga  yang mahal, vitamin dan suplemen yang sulit didapat, spa yang sangat mahal, atau liburan panjang di tempat-tempat yang mengasyikkan.

Berikut tips-tips untuk menjaga agar tubuh agar lebih sehat,  dan kesehatan selalu terjaga

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air adalah unsur utama tubuh manusia: sekitar 55% pada badan perempuan dewasa dan 60% di antara laki-laki. Kita memerlukan air agar dapat berkegiatan – jadi seharusnya tidaklah mengejutkan jika kesehatan akan membaik saat kita cukup minum, energi meningkat dan kemampuan konsentrasi juga membaik. Jika Anda memandang minum banyak air tidak menarik, coba tambahkan perasa alamiah seiris jeruk nipis, ketimun atau jahe. Agar anda selalu ingat minum air putih setiap hari dengan cara menggunakan alarm di ponsel anda.

  1. Tanam, tanaman herbal di sekitar rumah anda

Tanaman dalam rumah terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya, tumbuhan membantu kita menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Tanaman tertentu juga membantu memurnikan udara dan menyaring unsur kimiawi buruk di udara. Dan tentu saja, daun berwarna dan bunga dapat membuat ruangan cerah – di samping juga perasaan kita.

  1. Rajin Berolahraga

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

Ketika menikmati olahraga, Anda akan secara alami ingin melakukannya. Sebab olahraga yang terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang alih-alih menyebabkan Anda ingin terus melakukannya tetapi malah menjadi malas. Jadi pilih olahraga yang disenangi dan lakukanlah rutin.

Latihan kardio saja seperti misalnya jogging akan membuat penat dan bosan. Berikan tubuh lebih banyak olahraga yang menyenangkan dan berkelompok, seperti misalnya basket, sepak bola, renang, tenis, badminton atau voli dan masih banyak yang lain. Ini akan menyenangkan karena Anda sekaligus juga dapat bersosialisasi dengan orang lain sembari melakukan aktivitas yang sehat.

  1. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

  1. Pilih makanan berwarna cerah sebagai antioksidan

Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya tinggi dalam anti-oksidan. Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena mereka menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Jadi mungkin Anda perlu untuk mulai mengkonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda, seperti misalnya; putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Apel, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum). Diet Warna ini juga baik menjaga diet yang menyehatkan serta membentuk tubuh ideal

  1. Berhenti makan ketika merasa kenyang

Kebanyakan dari kita acapkali memiliki kebiasan makan yang tidak menentu kadang kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tak jarang situasi sosial juga mendukung seperti misalnya ketika kita sedang ada di tengah pesta. Ingatlah bahwa Anda bukan mesin pengiling yang bisa menghabiskan seluruh makanan yang dihidangkan.

Makanlah sedikit tapi sering, ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Karena dengan demikian tubuh akan dapat mencerna makanan dalam proses metabolisme dengan lebih sempurna. Ini bukan berarti adalah pembenaran untuk kebiasan mengemil tentunya

  1. Kenali makanan pemicu, kendalikan asupan gula dan garam

Mengkonsumsi gula dan garam berlebihan dapat menggangu kesehatan, meski demikian tetap diperlukan konsumsi gula dan garam dalam kadar yang tepat.

Simpan hal-hal yang terlalu manis, permen, coklat, cake dengan toping yang terlalu manis. Mungkin semua enak dan luar biasa dipandan mata mungkin lebih lagi ketika menyentuh lidah, tapi ingatlah kesehatan adalah mutlak adanya.

  1. Kurangi konsumsi soda dan kafein

Sifatnya yang diuretik – yang berarti dapat mempercepat laju produksi urin, tentu akan mengurangi asupan air dalam tubuh. Sebaiknya ganti kafein atau alkohol dengan jus buah bebas gula yang lebih mengandung air dan lebih enak tentunya.

  1. Berhenti merokok

Telah banyak terbukti bahwa merokok merugikan kesehatan, mulai dari resiko kanker paru paru hingga kanker mulut. Pastinya sudah tidak ada hubungannya antara rokok dan kejantanan sebab merokok terbukti menghilangkan kejantanan itu sendiri. Jadi berhenti merokok sekarang.

Bagi yang tidak merokok jangan sampai kesehatan Anda dipertaruhkan jauhi para perokok sekarang, dan bagi para perokok bersiaplah untuk tidak memiliki teman. Sebab keduanya terbukti merusak kesehatan.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat sama pentingnya bagi kesehatan jiwa dan tubuh, seperti juga susunan makanan dan olah raga. Tidur yang buruk dapat memperlemah sistem kekebalan, meningkatkan hormon stres, keresahan dan depresi – dan saat tidur tubuh Anda memperbaiki diri sendiri.

Berusaha keras agar dapat tidur lebih baik: jaga agar kamar tidur nyaman dan tenang, hindari makan saat larut malam dan matikan listrik – cahaya biru telepon atau tablet akan membuat Anda tetap terjaga.

 

DARI BERBAGAI SUMBER

About adminSNN

Check Also

Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Bengkulu Selatan Berikan Penghargaan Pada Tenaga Kesehatan Berprestasi

BENGKULU SELATAN, SNN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *