Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Walikota Respon Cepat Terkait Kondisi Kediaman Warga Cendana yang Tidak Layak Huni

Walikota Respon Cepat Terkait Kondisi Kediaman Warga Cendana yang Tidak Layak Huni

Kota Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Baru-baru ini, Kota Bengkulu kembali dihebohkan dengan temuan kondisi rumah salah satu warga atas nama Ibu Kasni Anita (36) yang benar-benar tidak layak huni. Rumah yang berada di Jl. Cendana I, Gang Jambu III, RT 08 RW 02, Kel. Sawah Lebar, Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu butuh uluran tangan pemerintah dan masyarakat.

Rumah berdinding papan dan lantai tanah dengan ukuran rumah sekitar 3×6 meter serta dengan peralatan rumah seadanya, dihuni oleh ibu Kasni bersama suaminya Bapak Burmawi (48) dan 4 orang anak dan kurang lebih 2 tahun sudah menetap disana.

Mendengar hal tersebut, Walikota Bengkulu Helmi Hasan langsung merespon dan mengerahkan jajarannya untuk datang ke lokasi yang dikabarkan tak jauh dari eks Balai Kota.

“Tim sudah turun untuk mendata kebutuhan warga tersebut mulai dari Dinsos, Perkim, Baznas, Camat, Lurah dan lainnya. Bahkan ada juga anggota dewan disana. Jadi, nanti apa yang bisa kita bantu, akan dibantu oleh Pemkot,” ungkap Helmi, Minggu (05/09).

Terkait Dinsos Provinsi Bengkulu yang lebih duluan turun, Helmi juga ucapkan terimakasih dan memang sudah kewajiban Dinsos Provinsi untuk ikut serta membantu warganya.

“Warga Kota Bengkulu kan warga provinsi juga, warga Seluma kan warga provinsi juga. Tinggal lagi, kita bersinergi untuk membantu warga yang kesusahan. Insya allah kalau kita bersinergi semua warga tak mampu akan terakomodir,” kata Helmi Hasan.

Selama ini, sambung Helmi, Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk membahagiakan warganya dan tak ada lagi warga yang mengalami kesulitan.

Itu komitmen kita, apalagi dimasa pandemi seperti ini masyarakat sedang susah. Jadi, insya allah kita akan selalu hadir di tengah masyarakat dan membahagiakannya. Dan kita juga sudah video call bersama ibu Kasni tadi untuk memastikan apa-apa saja yang di butuhkannya,” tambahnya.

Kadis Kominfo Eko Agusrianto ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa Kasni Anita telah diberikan bantuan. Ia pun juga merespon positif pihak Pemprov yang kemarin juga memberikan bantuan kepada warga tidak mampu tersebut.

Tidak hanya dari Pemkot Bengkulu saja, kemarin juga ada bantuan dari Pemprov. Kami ucapkan terimakasih. Kota Bengkulu adalah pusat ibu kota provinsi dan mungkin masih banyak juga warga tak mampu lainnya yang juga membutuhkan uluran tangan yang sama oleh Gubernur. Sama halnya seperti yang dirasakan Kasni Anita warga Cendana,” ujar Eko Agusrianto.

Menurutnya, kalau ke depan saling berkoordinasi tentu warga tak mampu lainnya akan terakomodir baik itu di kota maupun kabupaten.

Saat di lokasi, Ketua Baznas Habib Abdurahman Alkaf mengatakan pihaknya siap mengakomodir apa saja keperluan Kasni.

“Kita juga hadir disini, prinsipnya warga yang seperti ini insya allah akan kita bantu apa saja keperluannya. Apa lagi dalam situasi pandemi seperti ini, walaupun tak bisa bahagia full, setidaknya kita bisa membuatnya selalu tersenyum. Karena tentu mereka sedang mengalami kesusahan ekonomi,” jelas Habib.

Habib juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk membantu Kasni.

“Untuk hari ini kita bantu berupa sembako untuk keperluan hidupnya. Dan insya allah senin besok, lurah akan ke kantor untuk mengambil biaya-biaya yang diperlukan untuk renovasi rumah, entah itu lantai dan sebagainya. Kita akan buat selayak mungkin untuk tempat tinggal kasni. Kami Basnaz dan Pemkot selalu siap,” tambahnya.

Terkait berita yang viral, Kadinsos Rosminiarty menjelaskan bahwa sesungguhnya warga kelurahan Sawah Lebar tersebut sudah terdata.

“Sudah terdata, warga tak mampu di kota juga sudah banyak didata untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Karena keinginan bapak Walikota seluruh warga tak mampu dibantu, itulah semuanya sedang di proses dan menunggu giliran,” sampai Rosminiarty.

Pada kesempatan itu, Dinsos juga langsung memberikan bantuan pasca panik untuk warga tersebut.

Tak hanya Baznas dan Dinsos, Dinas Perkim juga langsung memberikan bantuan berupa 10 sak semen.

“Kita langsung bantu warga tersebut dengan memberikan bantuan semen. Ke depan akan kita tindaklanjuti untuk merenovasi rumah tersebut sesuai dengan prosedurnya,” jelas Kadis Perkim I Made Ardana.

Sementara itu, sebagai pemilik wilayah, Camat Ratu Agung Subhan Gusti Hendri mengatakan sudah mencatat apa saja keperluan Kasni agar rumahnya layak dihuni.

“Kita telah mencatat apa yang dibutuhkan dan telah mengajak seluruh komponen ikut serta dalam membantu warga kita dalam keadaan susah mulai dari pihak RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Baznas, Perkim, Dinsos. Ini segera kita respon dengan cepat,” jelas Subhan.

Usai direspon, Kasni pun mengucapkan terimakasih atas bantuan Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

“Terimakasih pak Wali dan Wawali, saya sangat senang pak. Boleh dilihat kondisi rumah saya, sungguh miris pak. Alhamdulillah, seluruh jajaran bapak sudah membantu saya dan terimakasih juga pak sudah dibantu untuk merenovasi rumah saya,” ungkap Kasni. (ADV)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *